Jl. Pajajaran No. 50 Bogor, Jawa Barat(0251) 8338666 /WA 0817137881anantha_zakharia@yahoo.comBuka Jam: 09.00 s/d 21.00

All About Vegetarian (Study Tour )

Post 4 of 7
IKAN ASAM MANIS
IKAN ASAM MANIS

IKAN ASAM MANIS

ALL ABOUT VEGETARIAN

Be Vegan, Be Health, Save The Planet 

  1. Latar Belakang

Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan dari tumbuh–tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti unggas dan hasil olahannya.

Kata ini berasal dari bahasa Latin vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar,hidup.

International Vegetarian Union (IVU) mendefinifikan vegetarian sebagai seseorang yang hidup dengan berbagai produk tumbuhan (nabati) dengan atau tanpa mengkonsumsi susu dan telur serta produk olahannya, tetapi secara keseluruhan, mengindari penggunaan daging segala jenis hewan.

Istilah Vegetarian diciptakan pada tahun 1847. Pertama kali digunakan secara formal pada tanggal 30 September tahun itu oleh Joseph Brotherton dan lain-lain, di Northwood Villa, Kent, Inggris. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris

Sebelum tahun 1847, mereka yang tidak makan daging secara umum dikenal sebagai ‘Pythagorean’ atau mengikuti ‘Sistem Pythagorean’, sesuai dengan Pythagoras ‘vegetarian’ dari Yunani kuno.

Definisi asli dari ‘vegetarian’ adalah dengan atau tanpa telur atau produk dairy dan definisi ini masih digunakan oleh Vegetarian Society hingga sekarang.

  1. Mengapa Harus Vegetarian

Akhir-akhir ini timbul bermacam-macam penyakit, yang rentan di derita manusia. Mulai dari obesitas,hipertensi, sembelit, jantung, kanker, stroke, sampai penyakit yang dibawa hewan dan mewabah di berbagai belahan dunia. Misalnya flu burung dan flu babi berbagai penyakit tersebut terutama disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat,misalnya makanan cepat saji, daging dan olahannya secara berlebihan, makan yang mengandung bahan pengawet , seperti boraks dan formalin, serta minuman yang bersoda. Oleh karena itu, masyarakat semakin menyadari pentingnya pola hidup sehat sehingga vegetarian atau Vegan menjadi salah satu pilihan gaya hidup.

2. Hubungan antara Vegetarian dengan Pemanasan Global

Global Warming atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pemanasan global merupakan suatu proses meningkatnya suhu udara yang terjadi pada atmosfer, laut ataupun di daratan bumi.

Ada beberapa yang menjadi penyebab terjadinya global warming di bumi ini. Manusia termasuk salah satu penyebab terjadinya global warming atau pemanasan global. Mengapa manusia juga termasuk salah satu penyebab terjadinya global warming? Jawabannya adalah karena manusia telah meningkatkan jumlah karbondioksida yang dilepas ke atmosfer ketika mereka membakar bahan bakar fosil, limbah padat, dan kayu untuk menghangatkan bangunan, menggerakkan kendaraan dan menghasilkan listrik. Lho, apa hubungannya antara manusia dengan karbondioksida? Manusia saat bernafas menghirup oksigen dan melepaskannya dalam bentuk karbondioksida. Sedangkan karbondioksida merupakan salah satu faktor penyebab Gas Rumah Kaca yang menjadi penyebab terjadinya Global Warming.

Isu pemanasan global juga menjadi alasan seseorang beralih menjadi vegetarian atau vegan. Dr. Rajendra Pachauri, Ketua Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) PBB yang juga pemenang hadiah Nobel Perdamaian 2007 bersama Al Gore (mantan Wakil PresidenAS), mengimbau masyarakat dunia melakukan tiga hal penting untuk mengurangi pemanasan global, yaitu jangan mengkonsumsi daging, pangan dunia (FAO) PBB pada 2006 mengatakan bahwa daging merupakan komoditas hasil peternakan yang menghasilkan emisikarbon dioksida (CO2) ekivalen yang paling intensif (18%). Bahkan jumlah tersebut melebihi kontribusiemisi CO2 seluruh alat transportasi di dunia (13%). Jika mengubah pola diet hewan menjadi diet vegan, seseorang akan mengurangi 1,5 ton emisi CO2 dalam setahun.

Berbagai penyakit kronis juga dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi daging, yakni diantaranya Jantung, Hipertensi, Diabetes, Kanker, Osteoporosis, Demensia, Stroke, Depresi. Oleh karena itu marilah kita mulai merubah pola hidup kita menjadi lebih baik. Hidup sehat dengan vegetarian atau vegan.

  1. Visi dan Misi Program

Adapun Visi dan Misi Program Study Tour ini sebagai berikut:

Misi

  1. Ingin mengajak semua peserta untuk mengenal hidup sehat cara vegetarian;
  2. Ingin memperkenalkan bahan – bahan makanan vegetarian;
  3. Ingin memperkenalkan cara – cara mengolah bahan vegetarian menjadi makanan vegetarian yang nikmat.

Visi

  1. Agar semua peserta dapat mengenal hidup sehat ala vegetarian;
  2. Agar dapat mengenal lebih baik mengenai vegetarian;
  3. Agar dapat membantu mengurangi pemanasan global dengan cara vegetarian.

PROGRAM DAN KEGIATAN

  1. Memperkenalkan Variasi Menu Vegetarian
  2.  Study Tour Mengenal tentang Vegetarian
  3. Bahan – bahan vegetarian, cara membuat daging buatan
  4. Cooking Demo, cara mengolah bahan – bahan vegetarian
  5. Tour kitchen, melihat langsung proses pembuatan
    1. Makan siang bersama
    2. Waktu dan tempat

Waktu       : ± 3 jam

Tempat     : Resto dan Café Vegetarian Karunia Baru

Jl. Pajajaran no. 50 Bogor

  1. Biaya Rp. 45.000* / org, min. 10 org

*sudah termasuk makan siang dan souvenir dari Karunia Baru

 

Untuk informasi yang lebih lanjut dan pendaftarannya dapat menghubungi:

Resto dan Café Vegetarian Karunia Baru

Bp. Anantha Zakharia / 0817137881

anantha@karuniabaru.com / www.karuniabaru.com

Jl. Raya Pajajaran No. 50 / 0251 8338666 / 0251 7156106

Atas perhatian dan bantuannya kami hanturkan Terima Kasih.

Menu